Sabtu, 11 Juni 2011

Asal Usul Suku Seraway (Manna, Bengkulu Selatan) ?

Link yang berhubungan...?????..(Numpang ya)

http://febiangumaymanna.blogspot.com/2008/09/sejarah-budaya-tanah-seraway-sejarah.html





Seraway atau Serawai ..panggilan untuk suku yang berdiam di wilayah Bengkulu Bagian Selatan ini....mungkin dua-dua bisa dipakai karena tidak ada penjelasan yang lebih tepat.

Menurut Wikipedia, 
Suku Serawai adalah suku bangsa dengan populasi terbesar kedua yang hidup di daerah Bengkulu. Sebagian besar masyarakat suku Serawai berdiam di kabupaten Bengkulu Selatan, yakni di kecamatan Sukaraja, Seluma, Talo, Pino, Kelutum, Manna, dan Seginim. Suku Serawai mempunyai mobilitas yang cukup tinggi, saat ini banyak dari mereka yang merantau ke daerah-daerah lain untuk mencari penghidupan baru, seperti ke kabupaten Kepahiangkabupaten Rejang Lebongkabupaten Bengkulu Utara, dan sebagainya.
Secara tradisional, suku Serawai hidup dari kegiatan di sektor pertanian, khususnya perkebunan. Banyak di antara mereka mengusahakan tanaman perkebunan atau jenis tanaman keras, misalnya cengkehkopikelapa, dan karet. Meskipun demikian, mereka juga mengusahakan tanaman pangan, palawijahortikultura, dan peternakan untuk kebutuhan hidup.

Dari uraian link-link terkait...sepertinya Suku Seraway/Serawai adalah pendatang.....(termasuk yang nulis)....karena Suku Rejang telah lebih dahulu mendiami wilayah Bengkulu ...dan Suku Rejang pun juga pendatang.........
Ada Pendapat..silahkan tulis...makasih sebelumnya....



[sunting]



1 komentar: